calon

Sabtu, 09 Mei 2009

sejarah


Menggeluti sepakbola dengan serius sejak usianya baru menginjak delapan tahun, Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro atau yang dikenal dengan Cristiano Ronaldo, langsung memikat para pemilik klub di Portugal. Ia ditarik menjadi anggota klub yunior Andorinha tempat ayahnya bekerja sebagai penyedia perlengkapan.

Pada usia sepuluh tahun, bakat pemain kelahiran 5 Februari 1985 itu sudah tercium banyak klub profesional. Dua klub berebut mendapatkannya, yakni CS Maritimo dan CD Nacional. Maritimo adalah klub yang cukup besar, sayangnya mereka terlambat mendatangkan Ronaldo kecil yang keburu bergabung dengan CD Nacional.

Di klub junior , Roodi ikut mengantarkan klubnya memenangkan gelar kejuaraan nasional. Ia kemudian diberi kesempatan berlatih selama tiga hari di klub profesional, Sporting Lisbon. Sporting kemudian merekrutnya pada saat Roodi masih berusia 14 tahun. Roodi bergabung dengan klub yunior Sporting yang berlatih di Alcochete yang dikenal sebagai ‘pabrik sepkbola’ di Portugal.

Roodi kemudian terpilih sebagai pemain Timnas Portugal yang mengikuti kejuaraan UEFA U-17. Penampilannya di ajang itulah yang membuat namanya mulai dilirik klub-klub besar dunia. Orang yang pertama kali jatuh cinta pada Roodi adalah mantan pelatih Liverpool, Gerard Houllier. Houllier berniat mendatangkan Roodi ke Anfield. Tetapi karena usianya masih 16 tahun, manajemen klub memutuskan untuk memberi Roodi waktu. Tetapi, tahun 2003, Liverpool justru kalah cepat dari Manchester United yang berhasil memboyongnya ke Old Trafford dengan trnasfer sebesar 12,24 juta pound.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

music q